RSS

vrolijk

Ini kejadian sedih saat saya masih SD, ibu sakit (tidak tahu sakit apa) yang membuat saya menghampiri ibu dan ibu malah bertanya pada saya “kamu siapa?”. Aih, sedih sekali rasanya ibu bahkan tidak mengingat saya. Lalu demi itu ibu dirawat berhari-hari di rumah sakit, saya tetap tidak mengerti ibu sakit apa. Ibu seperti kehilangan ingatan tentang saya, tentang kakak, bahkan tentang adik saya yang masih bayi itu. Adik dititipkan ke rumah tante, saya dan kakak tetap di rumah bersama ayah. Saya sedih karena ibu tak pulang-pulang. Saya selalu menangis jika ibu tak ada di rumah.

Waktu SMP ibu dan ayah pergi ke Ternate menemani proses persalinan kakak sulung saya, menjenguk kelahiran cucu pertamanya. Sebulan lebih ibu tidak di rumah, waktu itu saya hendak mengikuti lomba pidato bahasa Inggris, sedih sekali rasanya tak ada ibu. Hampir setiap hari saya menangis diam-diam di kamar cuma karena kangen ibu. Benar-benar memalukan!

Di manapun ibu berada, ibu adalah tempat saya kembali dari perjalanan panjang saya, tempat di mana saya harus pulang dan membagi sedikit cerita padanya. tanpa ibu saya rasanya pincang, walaupun saya tahu saya tidak boleh terus-terusan seperti ini, saya tidak boleh terus-terusan ketergantungan pada ibu. Suatu saat, dengan sangat berat saya tahu ibu akan pergi dari sisi saya, membayangkannya saja dada saya serasa ingin meledak. 

Saya rindu hari-hari yang telah lewat bersamanya.. Duduk-duduk berdua mengintip bintang di teras rumah bersama ibu sembari makan kacang rebus dan menyanyikan lagu nasional bersama-sama. Suara ibu indah, setidaknya begitulah yang bisa saya tangkap lewat indera, membuat hati senang, membuat nyaman, membuat saya tahu kenapa Alya (ponakan saya) sangat sayang kepada ibu, selalu minta digendong oleh ibu, selalu tertidur pulas ketika ibu menyanyikannya satu-dua lagu. Suara ibu yang lembut adalah cerminan hati ibu, hati ibu baik, sangat baik. Itulah mengapa para tetangga sayang pada ibu, teman-teman saya selalu menanyakan tentang ibu, dan pembantu di rumah menangis memeluk ibu saat ia pamit pulang kampung sekaligus berhenti bekerja. Ibu lembut dan penyabar. Ibu selalu hadir untuk menyeimbangkan sifat ayah yang tegas dan keras. Ibu membuat segala sesuatu dalam keluarga kita berjalan dengan seimbang.

Terimakasih ya ibu sudah mengenalkan saya pada bahasa inggris saat saya masih sangat kanak-kanak, terimakasih ibu sudah membuatkan rumus-rumus matematika dan menempelnya di dinding supaya saya mudah mengingatnya, terimakasih karena ibu telah mengajarkan pada saya bahwa merayakan pesta ulang tahun tidak pernah ada dalam agama kami, terimakasih untuk tradisi minum teh di sore hari yang ibu ciptakan sehingga membuat kami sekeluarga selalu bergembira, terimakasih telah mengajari saya secara tidak langsung bagaimana cara bertahan dan setia kepada pasangan, terimakasih untuk segala cinta yang ibu tanamkan ke dalam hati kami dengan cara yang sangat sederhana. 

Saya bahagia ibu selalu menemani masa-masa saya beranjak dewasa. Dan hari-hari yang indah seperti itu takkan pernah bisa dibeli.


#Ibu, tetap nantikan saya di halaman, karena saya akan segera pulang..



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

kukis

Masih tentang Ramadhan dan hiruk pikuknya..

Di Jakarta, makanan berbuka puasa gak sevariatif yang ada di Ambon.  Orang-orang Jawa dan Sumatera yang saya tahu, selalu berbuka puasa dengan nasi. Kami, orang Ambon tulen, jelas lah gak terbiasa dengan itu. Kami berbuka dengan kue-kue. Dan karena namanya ‘berbuka’, maka jadilah kue itu cuma makanan pembuka doank, karena nanti selepas isya/tarawih barulah kami masuk ke makanan inti: nasi.

Waktu saya berbuka puasa di kosan teman, mereka bilang “kok gak makan nasi?”. Saya tertawa saja. Butuh banyak paragraf untuk menjelaskan bahwa saya gak terbiasa makan nasi saat buka puasa. Berbuka bagi orang Jawa dan Sumatera mungkin sekaligus disebut juga dengan makan malam, tapi makan malam bagi orang Ambon saat bulan Ramadhan ya itu tadi, selepas isya/tarawih. Gak ada yang namanya makan nasi pas adzan maghrib berkumandang.

Sebenarnya ini semua cuma masalah budaya/kebiasaan saja. Tapi karena budaya inilah yang bikin saya rindu serindu-rindunya rindu. Di Ambon dengan mudah kita bisa menjumpai 44 macam kue untuk berbuka puasa, kue-kue itu berbaris panjang seperti kereta 100 gerbong, dan yang kita perlukan cuma dua hal: punya uang & kekuatan untuk memilih.

Oh ya, satu hal lagi yang terjadi di Ambon di saat-saat Ramadhan seperti ini adalah, radio-radio di Ambon dengan sangat kerennya membuat siaran “10 jenis makanan  buka puasa terlaris minggu ini” berdasarkan survey paling bodoh sekaligus paling kreatif yang entah dilakukan oleh siapa (oleh BPS kah?). Maka penyiar radio yang dengan agak najong menirukan gaya vije-vije MTV akan berceloteh riang gembira:

kue panakuk yang telah nangkring selama dua minggu di posisi kesembilan akhirnya pada minggu ini harus bertempur habis-habisan dengan  kue cara yang membuatnya terkulai lemas di posisi nomor sepuluh pada akhirnya.
Pendatang baru  dengan wajah manja, pastel, berhasil menduduki posisi delapan, menggeser kue lapis kukus yang nampaknya sudah mulai terlihat kurang menarik.
Kolak pisang nampaknya minggu ini harus meregang nyawa dengan keluar dari jajaran sepuluh makanan terlaris.
Bagaimana dengan pisang asar? Oh nampaknya pisang asar tidak pernah kehilangan penggemarnya. Terbukti ia kini telah duduk manis di kursi nomor 4 setelah minggu lalu masih malu-malu di kursi nomor 5nya.
Porci alias poporces yang selalu tampil dengan dandanan sederhana minggu ini harus pasrah menjadi nomor 6 ditendang oleh risoles yang tampak makin menggoda dan agresif.
Bla bla bla bla
Bli bli bli bli
Saya rindu sekali suasana Ramadhan di kampung halaman..

Rindu kue-kue Ambon yang enak dan rasanya kok beda sekali dengan kue-kue di sini.. apakah karena style-nya kue Ambon ngikutin style kue-kue Belanda ya? Apakah  karena saya terlalu berlebihan? Apakah kini Julia Perez pake jilbab? Entahlah..

Saya cuma rindu.

Huiks..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

HONING

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, "buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)". Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.
(Q.S An-nahl: 68-69)


Hmm.. ternyata masalah madu udah diterangkan sama Allah SWT di dalam Al-Qur'an, sodarah-sodarah.. kenapa? karena banyak sekali khasiat dari madu yang bisa kita dapatkan.. madu itu umm... madu itu.. madu itu KEREEEEENN sekali ih ih ih..

FYI saya minum madu setiap hari loh.. selain untuk menjaga daya tahan tubuh, sebenarnya tujuan lainnya adalah supaya saya tetap kelihatan seksi walaupun udah ngelahirin 3 orang anak. soalnya dari hasil sercing sana sercing sini katanya nih, madu baik untuk kecantikan bodi. hihi..

#trus apa poin dari tulisan norak lu ini, phy??#

iya, iya.. pokonya mule sekarang, jadikanlah madu sebagai solusi masalah hidup anda..

sakit tenggorokan?
minum madu!

batuk-pilek?
minum madu!
jerawatan?
olesin madu!

luka bakar?
olesin madu!

sariawan?
olesin madu!

pengen punya perut rata macam saya?
minum madu!

diputusin pacar?
minum madu!

ketek item?
olesin madu!

gak pengen terus-terusan jadi jomblo?
minum madu!

pengen cepet-cepet kawin?
godain abang-abang yang jualan madu!

abis nikah enaknya ngapain?
bulan madu!

pengen hidup bahagia selamanya?
jangan mau dimadu!!


Wassalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ontevreden

Romantis itu adalah ketika seorang cowo tiba2 jam stengah 4 pagi ngetok2 pager kosan kamu cuma buat ngasih makanan sahur kesukaan kamu tanpa pernah smsin kamu sebelumnya..

hmmm.. kadang saya tidak butuh kata-kata sayang yang mesra, juga ucapan "selamat pagi" atau "selamat tidur" secara rutin untuk bikin saya yakin seberapa besar perasaan seseorang kepada saya. saya tidak butuh hal-hal standar semacam itu. Yang saya perlukan adalah seberapa sering dia tahu bahwa saya tengah bersedih, lalu tanpa-harus-meminjamkan-bahunya, dengan kata-katanya yang menenangkan saja dia mampu membuat saya menjadi kuat kembali..
kadang-kadang.. ya kadang-kadang,, romantis itu mahal sekali harganya..
kamu justru menemukannya dalam diri orang lain, orang lain yang sibuk marah-marah begitu tahu ada yang menyakiti kamu, orang lain yang pintar sekali membuat kamu tertawa saat kamu dirundung kesedihan, orang lain yang terus menyemangati kamu meski dari kejauhan, orang lain yang tak pernah sungkan meneleponmu hanya ketika kamu bilang kamu sedang butuh teman bercerita,, iya, semua dari orang lain,, bukan dari seseorang yang sangat kamu harapkan.
 
 
*nelen kamper, pingsan*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

zaterdag


Saya selalu meminta, tanpa pernah belajar berkompromi dengan apa yang sudah saya berikan untuk Tuhan, apa yang Tuhan inginkan dari saya..
Betapa tidak tahu dirinya saya..
Saya kotor, bergelimang dosa,
Iman saya naik-turun, seperti anak kecil yang sulit membedakan kiri dan kanan..
Otak saya terlampau kosong, bahkan untuk sekedar memahami tanda-tanda kebesaran yang telah Tuhan bentangkan di sepanjang bibir kehidupan
Bukan karena saya buta, tapi karena saya terlalu lama tidur,
Terlebih karena saya terlalu malas untuk belajar,
Menggali ilmu yang terserak di seisi langitNya, dari bujur ke bujur bumi milikNya, dari ujung ke ujung laut ciptaanNya..
Saya hina, tapi dengan semua kehinaan yang saya punya saya masih saja tak tahu diri untuk meminta dan meminta lagi..
Ibadah-ibadah saya, tutur kata, janji-janji, berapa banyak yang sudah saya lalaikan?

Tuhan..
Jika seandainya kematian adalah akhir, jika selepas manusia mati maka yang ada hanyalah titik nol yang gelap dan kosong..
Jika seandainya tidak ada surga atau neraka, tidak ada hari pembalasan dan hari dimana manusia akan dibangkitkan..
Saya ingin tetap mengabdi padaMu di dunia ini dengan sepenuh rasa cinta saya, seperti kerelaan hati seorang kekasih untuk melakukan apa saja demi menyenangkan hati yang dikasihinya..
Seperti itulah ingin saya..
Tuhan.. saya tahu saya hanyalah pendosa.. saya tahu seringnya doa-doa saya tak lebih dari untaian kalimat-kalimat basi penuh harapan keduniawian..
Tapi dengan keimanan saya yang tipis ini, saya hanya meyakini bahwa satu-satunya tempat saya bersandar dan menggantungkan harap, hanyalah ke hadiratMu yang Maha Rahiim..

Jika engkau belum mempunyai ilmu, hanyalah prasangka, maka milikilah prasangka yang baik tentang Tuhan.
Begitulah caranya!

Jika engkau hanya mampu merangkak, maka merangkaklah kepadaNya!
Jika engkau belum mampu berdoa dengan khusyuk, maka tetaplah persembahkan doamu yang kering, munafik dan tanpa keyakinan.
Karena Tuhan, dengan rahmatNya akan tetap menerima mata uang palsumu!

Jika engkau masih mempunyai seratus keraguan mengenai Tuhan,
maka kurangilah menjadi sembilan puluh sembilan saja.
Begitulah caranya!

Wahai pejalan!
Biarpun telah seratus kali engkau ingkar janji, datanglah, dan datanglah lagi! Karena Tuhan telah berfirman:
“Ketika engkau melambung ke angkasa ataupun terpuruk ke dalam jurang, ingatlah kepadaKu, karena Akulah jalan itu.”
(jalaluddin Rumi)

#dari seorang hamba yang sotoy dan lagi melo karena buka puasa di tempat fotokopian#

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

even-oneven

Saya pernah mendengar bahwa Tuhan menyukai yang ganjil.
Jika iya, izinkan saya untuk memilih sesuatu yang berbeda dari yang Tuhan sukai,
karena saya hanya ingin menggenapimu..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS