RSS

mari membuat es pisang ijo

Siang-siang bolong yang hot ini seperti bolongnya punggung kamu yang gak hot itu emang paling mantep minum ato makan yang seger-seger sambil duduk di bawah pohon mangga depan rumah pake baju you-can-see-my-ketek.. betul? Betuulllllllll *terdengar suara dari atas pohon*

Karena temen-temen saya beberapa waktu lalu pada penasaran gimana sih cara bikin es pisang ijo yang enak dan rasanya gak-aduh-mak-apaan-nih, demi itu saya dikejar-kejar buat diwawancara seputar cara membuat es pisang ijo ala saya (ala emak saya tepatnya) yang rasanya emang cihuy itu. Maka sini nak, sini.. bunda beberkan resep es pisang ijo ala bunda yang akan membuat calon ibu mertua kamu memasang ekspresi “jangan-coba-coba-kawin-dengan-pria-lain-selain-anak-saya”

Here it goes..

Bahan-bahan:
- 10 buah pisang raja yang udah mateng (pisang RAJA ya nak, jangan pisang yang aneh-aneh karena rasanya pasti akan seaneh wajah kamu).
- Tepung terigu 2 gelas
- Santan dari 1 buah kelapa
- Telor 1 butir
- Pasta pandan (pewarna makanan warna ijo yang beraroma pandan)
- Susu kental manis putih
- Syrup ABC/marjan yang rasanya cocopandan  yang warna merah menggoda birahi itu
- Gula pasir
- Garem alus yang beryodium biar kamu gak kena penyakit gondok (?)

Cara membuat:
Langkah awal kamu bagi 2 aja santennya, soalnya yang setengahnya bakal dipake untuk bikin ‘kulit pisang ijo’, yang setengahnya lagi buat bikin ‘fla’. Gitu juga dengan telor. Kocok telornya trus entar setengahnya dipake buat kulit pisang ijo, setengah lagi buat dipake di fla. Got it?

 Untuk bikin kulit pisang ijo:

kulit pisang ijo
  • Sebelum campur adonan kulit ini mending kamu kukus aja dulu 10 buah pisang biar menghemat waktu (jangan kupasin kulitnya baru dikukus, biarin aja kaya gitu).
  • Sembari nunggu pisangnya selesai dikukus, campur 1 ½ gelas terigu, garem secukupnya, ½ bagian telor, sama santen. Aduk-aduk sampai terigunya gak ‘berbiji-biji’ lagi. Soalnya biasanya di bagian ini paling susah untuk menghilangkan terigu yang menggumpal-gumpal akibat kena cairan santen. Inget campuran ‘kulit’ ini jangan kental-kental banget, kalo cair juga jangan kebangetan lah! Pake feeling pokonya.
  • Tuang 2-3 tetes pasta pandan sampe warna ijonya pas menurut kamu lalu aduk-aduk.
  • Panaskan teflon dan mulailah menuangkan sedikit demi sedikit campuran ke atas teflon. Inget kalo kulit ini harus kamu bikin setipis mungkin, karena kalo tebel namanya bukan kulit pisang ijo donk, bakalan jadi martabak ijo! Camkan itu!
  • Kalo udah kering, angket, taro di piring, dan tuangin adonan ke teflon lagi terus menerus sampai 10 kali. Jangan sampe gosong!
  • Kalo pisang yang kamu kukus udah mateng, kupasin kulit pisangnya lalu kamu bungkus pisangnya dengan kulit ijo tipis yang udah kamu buat tadi. See?
pisang yang udah dikukus

Untuk bikin fla:
  • Campur ½ gelas terigu, sedikit garem, santen dan telor sisa tadi, juga gula pasir (gulanya dikira-kira aja sampe menurut kamu campurannya udah manis).
  • Aduk-aduk sampai bercampur rata lalu panesin dengan api kecil.
  • Aduk-aduk terus biar gak gosong, kalo udah padet-padet kental kaya bubur gitu matiin aja apinya.

Cara menyajikan:
Satu pisang ijo ditaro di satu mangkok, potong-potong lalu masukin 2-3 sendok fla. Masukin es batu yang udah kamu hancur-hancurin terserah mo sebanyak apa, tuang syrup cocopandan secukupnya lalu dilanjutkan dengan susu kental manisnya.
Voila! Kini kamu sudah bisa menyantap es pisang ijo yang rasanya pasti jaoh lebih enak daripada es pisang ijo buatan orang Makassar asli *digaplok orang Makassar*


gambar diambil dr google


*porsi 10 mangkok untuk 10 orang.

ribet ya? ah, saya aja bisa, kamu juga harus bisa donk!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment