RSS

it's friday

Jumat selalu lebih spesial. Setidaknya di mata saya. Saya melihat berlimpah-limpah kebaikan di sana. Hiruk pikuk orang yang sibuk memotong kuku, mencukur kumis, membersihkan diri dan bangkit dari rasa malasnya untuk segera menunaikan shalat jumat dua rakaat. Saya melihat semua laki-laki tua muda, kecil besar, pejabat maupun pedagang kaki lima, dengan baju koko mereka yang lucu dan berwarna-warni berjalan beriringan menuju masjid. Ah, senangnya karena masjid-masjid tak pernah ada yang kosong. Terlepas dari apa niat mereka, ikhlas dan tidaknya, terpaksa atau rela, yang saya lihat hanyalah kebaikan melimpah-limpah. Dan malaikat pasti teramat sibuk mencatat semua kebaikan itu satu-persatu.
Pada hari jumat, surga rasanya dekat saja. Seperti dekatnya kota byzantium ke Roma. Pada hari ini orang-orang selalu lebih wangi, pada hari ini nabi Adam diturunkan ke bumi, pada hari ini dosa-dosa diampuni, pada hari ini doa-doa didengar dan dikabulkan. Karena itu untuk alasan yang tidak bisa saya nalar, hari jumat selalu membawa rasa damai bagi saya. Ada rasa senang untuk mengintip orang-orang dengan wajah penuh air wudhu. Ada rasa senang ketika adzan diperdengarkan, ada rasa senang untuk mencium tangan papa yang pulang dari masjid.
Berbeda dari sabtu, kata orang jumat adalah hari yang pendek. Tapi tak masalah. Dalam pendeknya waktu itu, ada hal-hal menakjubkan yang ditawarkan di sana. Ada kebaikan melimpah-limpah yang seolah diturunkan dari langit, khusus untuk mereka yang bersuka cita menyambut kedatangannya..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment