RSS

bertandang ke panti rehabilitasi gepeng

yep! sekitar dua minggu yang lalu tepatnya di hari selasa pagi yang cerah saya bangun tidur dengan jumawa lalu capcipcup ke halte busway bidara cina. gerangan apakah yang membuat saya begitu bersemangat? oh tentu, saya akan ke Bekasi tepatnya ke panti rehabilitasi gelandangan dan pengemis untuk melakukan tugas suci nan mulia: WAWANCARA. huwaatt?? apa katamu, nak? wawancara? apakah saudari elvira yang manis dan wangi ini sekarang telah berganti profesi menjadi seorang wartawan ibukota nan terkenal itu? tentu saja jawabannya: tidak! wawancara yang dimaksud adalah membagi-bagi kuesioner skripsi. skripsi saya kah? no, no, no. skripsi teman saya, Yusni, yang mengambil topik tentang gelandangan dan pengemis. keren ya? banget! huks.

Maka di pagi yang indah itu ditemani kicauan burung, saya, yusni, dan ketujuh teman saya siap meluncur ke Bekasi. naek transjak sampe ke UKI lalu transit en lanjot naek bus gede ke bekasi (gak tau nama busnya apa tapi bayarnya per orang 4 rebu rupiah). sampailah kami ke sebuah lokasi nan asri, semacam asrama ato panti gitu yang dikelola oleh kementrian sosial. panti ini namanya Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur, tempat rehabilitasi orang-orang yang sebelumnya suka ngesot sana ngesot sini di jalanan seperti gelandangan, pengemis, pengamen, dan sebagenya. di panti ini mereka dikasih keterampilan biar kelak setelah keluar dari panti mereka bisa dapet kerjaan yang lebih baik. gak menggelandang lagi di jalanan. mereka dibekali dengan pendidikan dan pelatihan diantaranya kaya perbengkelan, tata rias alias nyalon-nyalon gitu lah, ada juga yang desain grafis. macem-macem pokonya.



ready to go!





Gerbang PSBK Pangudi Luhur tampak dari depan jalan

sampe di panti naujubile masyarakatnya banyak juga ternyata. yaudah langsung aja para gepeng ini dikumpulin di aula dan kita mulai bagi-bagi kuesioner setelah sebelumnya dapet instruksi begini dan begono dari si Yusni, sang empunya kuesioner. setelah gepengnya dibagi-bagi dalam sembilan kelompok yang per kelompoknya kurang lebih ada sebelasan orang, langsung aja kita bersembilan menjalankan tugas wawancara. kalo bahasa statistiknya sih 'mencacah'. ahihihi.. kalo mereka bisa baca-tulis ya kuesionernya langsung diisi sendiri aja. tapi ada juga yang gak bisa baca dan akhirnya kita yang bacain isi kuesionernya. seru lah, tapi kadang bingung juga menerjemahkan bahasa kuesioner dengan bahasa yang mudah en gampang dipahami oleh para responden. itu tantangannya! yeah!


Yusni lagi nyacah

saya, nyacah mantan pengamen (gambarnya agak burem n goyang)


selese nyacah, istirahat bentar sambil ngitung-ngitung kuesioner

abis nyacah perutpun meraung-raung. yaudah kita break dulu buat makan siang sekalian buat shalat dzuhur. capcuslah kita ke BTC alias Bekasi Trade Center yang emang deket banget dari panti. tinggal jalan kaki doank gituh.


lunch time at BTC

sebelum pulang, poto dulu donk sama responden, hihi

sembilan penakluk hati para gepeng, muahaha

yah segitu aja yang bisa saya share. pokonya bener-bener berkesan lah bisa ngobrol sama para mantan gepeng yang hidupnya dihabiskan di jalanan buat ngumpulin seribu-dua ribu, duit yang seringnya malah saya hambur-hamburin buat beli barang-barang yang gak guna.

Di dalam bus, sepanjang perjalanan pulang, banyak hal yang saya renungi tentang hidup. Mereka, para gelandangan itu, bisa begitu mudah menerima kehidupan mereka, menerima keadaan mereka. padahal di dunia ini gak pernah ada satupun manusia yang mau terlahir sebagai orang susah. dan mereka, yang saya tahu, juga sepenuh hati menginginkan kehidupan yang lebih baik dari yang saat ini..

bus melaju, seorang pengamen bersuara merdu menyanyikan lagu-entah-apa-judulnya, di dalam liriknya terdapat kata-kata 'merindukan purnama'. hati dan jiwa saya yang gampang sekali melo ini pun semakin mendayu-dayu. saya memanjatkan sepenggal doa kecil di dalam hati. berharap Tuhan yang Maha Pemurah membagikan rezki yang cukup kepada mereka. Semoga! Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan Doa.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment