RSS

Contemplation



Pagi selalu berarti gairah. Di tepi pagi orang menitipkan mimpi, atau barangkali visi -sesuatu yang terdengar lebih besar dari sekedar mimpi yang notabene hanyalah kembang tidur. Maka sebagian orang bangun mendahului matahari, bersembahyang, lalu bergegas menjemput rezki yang dengan sangat sibuknya tengah ditebarkan oleh Jibril di muka bumi.

Dulu saya pernah jatuh cinta pada pagi. Pada hawanya, pada embunnya, pada caranya membuat saya rindu. Kini tak lagi. Saya adalah paradoks. Memulai pagi dengan mencomel entah pada apa. Tuhan kah yang saya salahkan karena membuat malam terlampau singkat? Hingga kantuk masih tersisa di sudut-sudut kepala. Ah, tidak! Tuhan tidak pernah salah. Saya yang salah. Pikiran saya yang terlalu parokial karena tidak punya animo terhadap pagi. Orang menginterpretasikan pagi sebagai asa, saya memparafrasekannya sebagai bala.

Barangkali saya memang kurang bersyukur. Setiap waktu yang Tuhan beri adalah afwah, adalah anugerah. Tapi saya yang terlalu pongah hingga hanya mencintai sore. Mencintai senja. Bagi saya momen-momen senja selalu menarik hati. Membangkitkan unsur-unsur melankolik dalam diri untuk berkontemplasi, untuk menundukkan kepala seraya mempertanyakan begitu banyak hal yang tak mampu dijawab oleh manusia. Hanya Tuhan yang punya jawabannya.

Sore berarti perenungan yang selalu membawa saya pulang. Pulang pada diri sendiri setelah saya terlampau jauh mengembara, tersesat, hilang arah demi mencari-cari sesuatu yang saya pun tak tahu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment