RSS

Birokrasi atau Borokisasi




Birokrasi, tak ubahnya partai politik. Sama-sama busuk. Keduanya bisa jadi memiliki wajah sendiri-sendiri, tapi pada akhirnya membuat saya lebih dari mengerti untuk kemudian mengobarkan api kebencian. Ah ralat. Barangkali terlalu ekstrim menggunakan terminologi benci. Maka saya ganti saja dengan kata muak. Ya, karena saya sangat muak pada segala sistem yang membuat saya mau tidak mau harus tunduk dan bertekuk lutut. Ujung-ujungnya tanpa bisa bernego dengan bagian diri saya yang lain, saya mendadak jadi hipokrit.

Melansir kata-kata Faisal Basri, jika birokrasi diumpamakan sebagai ikan, maka ia busuk di bagian kepala. Saya sepaham, sebab berkecimpung sebagai salah satu anak magang di instansi pemerintahan membuat saya disadarkan, akan selalu ada permainan kotor yang dimainkan para pemegang kuasa. Dan kita sebagai ekor, hanya bisa mengikuti apa yang kepala perintahkan sembari menahan keinginan untuk memberontak. Dilematis memang.

Demi Tuhan, begitu banyak permainan-permainan lucu yang dimainkan dengan apik oleh para aktor pemerintahan. Sungguh saya lelah menjadi penonton. Bagaimana jika suatu saat nanti saya bosan dan memilih mengganti channel? Atau memutar haluan kapal? Atau muncul tiba-tiba sebagai spider (wo)man? Entahlah, saya hanya belum bisa memutuskan. 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment